Menunggu Pagi di Gunung Ciremai

Menunggu Pagi di Gunung Ciremai

gambar website smayamtala rarusak - 404 image not found - photo not available
Menunggu Pagi di Gunung Ciremai | Penomoran 2005 M.

Bila kita tengok ke arah utara Jawa Barat, tampaklah sebuah Gunung menjulang tinggi. Itulah Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Terletak di perbatasan Kuningan Cirebon Majalengka, Gunung ciremai dapat ditempuh dari berbagai rute pendakian yang telah dibuka dan aman untuk didaki. Yaitu dari jalur Linggarjati, Palutungan dari Kuningan, dan jalur Apuy dari Kec. Maja Kab. Majalengka.

Jarak tempuh perjalanan untuk sampai ke Puncak jika menggunakan jalur Linggarjati dan Palutungan sekitar 12 jam, sedangkan jika ditempuh dari jalur Apuy sekitar 8 jam. Bila kita mencoba jalur Linggarjati, sebelum sampai ke puncak, pertama kita akan disuguhkan oleh perkampungan Cibunar dihiasi deretan pohon Pinus dan ladang tanaman tomat, pisang dan tak kalah pentingnya, museum bersejarah tempat perundingan Linggarjati. Memasuki kawasan hutan kita akan disuguhkan dengan dereta pepohonan tinggi khas hutan hujan tropis. Jalan yang dilalui sangat terjal dengan kemiringan 15-45 derajat. Terdapat beberapa shelter pemberhentian, pada tahun 1998 terdapat 8 shelter dan sekarang terdapat 10 shelter diantaranya Leuweung Datar.

Gunung Ciremai juga kaya akan Flora dan Fauna. Terdapat kurang lebih 3600 jenis tanaman , 500 jenis burung, dan berbagai macam hewan, diantaranya Macan Tutul, Monyet, Kijang, Babi Hutan, dan berbagai jenis Ular.Ciremai merupakan gunung berapi aktif tpe A, memiliki beberapa puncak, antara lain puncak Sunan Mataram (3050 mdpl), disebelah selatan puncak Pangeran Talaga (3050 mdpl0, puncak tertinggi disebelah Barat Laut, Lawang Gede disebelah utara. Ciremai juga memiliki kawah yang cukup luas, terdapat 2 tingkat kawah didalamnya, berdiameter 5 km dan kedalamannya hampir mencapai 100 meter.

Pemandangan matahari terbit dengan warna jingga akan terlihat indah dihiasi pantai utara yang meliuk-liuk bagaikan ular dengan latar belakang Gunung Slamet berdiri kokoh. Gunung Ciremai memang aset yang sangat berharga bagi Jawa Barat, Keindahan SUNRISE dan SUNSETnya, terjalnya jurang, dinginnya angin ketika menerpa kulit dan lembutnya belaian kabut seakan mengajak para pendaki untuk selalu merindukannya. Karena memang, gunung telah banyak memberikan pelajaran yang berharga untuk kehidupan ini.
Previous Post
Next Post

post written by:

Klub Pecinta Lingkungan dan Penggiat Olahraga Alam Bebas

0 Comments: