Bupati Kuningan & Ide One Man One Tree

Bupati Kuningan & Ide One Man One Tree

Bupati Kuningan & Ide One Man One Tree
Kondisi geomorfologis telah menempatkan Kabupaten Kuningan pada posisi dan perang penting sebagai daerah penyangga bagi kabupaten sekitarnya. Pendeklarasian Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi dapat dimaknasi sebagai satu milestone dalam upaya pengokohan dan penegasan sebagai daerah yang memiliki consern tinggi terhadap upaya-upaya pelestarian sumber daya alam (SDA).

Komitmen tersebut perlu dipahami dan dibangun bersama oleh semua komponen masyarakat, terutama kesadaran dan partisipasi dari seluruh warga. Kabupaten Konservasi tidak dari gaung kegiatan-kegiatan fisik proyek semata, yang paling esensi adalah terinternalisasi dalam kehidupan masyarakat dan bisa tumbuh sebagai budaya masyarakat.

Memang langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam 2 periode yang sedang berjalan dibawah kepemimpinan Bupati H. Aang Hamid Suganda, S.Sos. ini terasa sekali bahwa Kabupaten Konservasi (mungkin) bisa terwujud dengan adanya pembangunan Kebun Raya Kuningan di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan. Selain itu juga, adanya penetapan program berwawasan lingkungan seperti Pepeling (Pengantin Peduli Lingkungan), PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat), Muatan Lokal Kurikulum Pendidikan Lingkungan (di sekolah-sekolah), serta rehabilitasi Situ/Embung dan rehabilitasi lahan kritis.

Sebelumnya pun H. Aang Hamid Suganda/Pemkab Kuningan menyatakan akan tetap consern dengan program pelestarian lingkungan, dimana program tersebut sejalan dengan Visi Kabupaten Kuningan yaitu: "Kuningan LEbih Sejahtera Berbasis Pertanian dan Pariwisata yang Maju dalam Lingkungan Lestari dan Agamis. Nah kata Lestari tersebut merupakan pencerminan dari suasana lingkungan yang lestari tanpa terkontaminasi oleh polusi-polusi yang dihasilkan oleh industri.

"Program One Man One Tree" menjadi salah satu bukti Kabupetn Kuningan tetap memegang komitmen untuk terus menjaga lingkungan agar tetap terpelihara dengan baik. Dan sepertinya, untuk mewujudkan Kabupaten Konservasi Bupati Kuningan beserta jajarannya yang terkait akan menghadapi berbagai tantangan berat dalam mewujudkannya karena realisasi kabupaten konservasi harus bisa menyerasikan derap pembangunan fisik dan ekonomi dengan upaya tetap menjaga lingkungan yang lestari.

Semoga saja program-program yang telah dan sedang digalakkan Pemkab Kuningan bisa terwujud demi ibu pertiwi dan masa depan anak cucu kita kelak :)
Previous Post
Next Post

post written by:

Klub Pecinta Lingkungan dan Penggiat Olahraga Alam Bebas

1 comment:

  1. Sala Lestari....
    Semoga dengan adanya omot (one one tree)masyarakat akan melakukan kebiasaanya dalam menanam pohon dan ciptakan lingkungan yang lestari

    ReplyDelete