Mari Kita Hambat Laju Perubahan IKLIM

Mari Kita Hambat Laju Perubahan IKLIM

gambar website smayamtala rarusak - 404 image not found - photo not available
Bumi Ini Makin Panas Jangan Cuma Bisa Kipas-Kipas
Lakukanlah Sesuatu
Yang Dapat Menghambat Laju Perubahan IKLIM


Apa yang bisa kita lakukan untuk melaju hambat daripada perubahan iklim global ini, di bawah sedikit kami beri tips-tipsnya. Selamat menyimak dan menerapkan tentunya :D

D I R U M A H
  1. Tanamlah pohon sebanyak-banyaknya di rumah. Sebab sebuah pohon mampu menghisap C02 sepanjang hidupnya. Gunakanlah pagar tanaman hidup,
  2. Matikan lampu/AC/TV dan alat-alat elektronik setiap kali selesai menggunakan. Bila Anda lakukan setiap hari, anda mengurangi pelepasan ribuan kg C02 setiap tahun.
  3. Gantilah 5 lampu yang paling sering Anda gunakan dengan lampu yang hemat energi. Selain hemat tagihan listrik, Anda telah mencegah meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca.
  4. Hemat-hematlah menggunakan air. Karena pompa air / pompa air panas membutuhkan energi listrik yang tinggi. Jangan biarkan kran air mengucur saat Anda menggosok gigi, dan jangan terlalu mudah mengguyur air di toilet.
  5. Biasakan service AC Anda secara rutin, gunakan alat-alat elektronik hemat energi dan yang telah berlabel NON CFC.
  6. Tidak membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama, sehingga kita tidak membuang energi percuma dengan pemakaian listrik yang tidak perlu.
  7. Bila Anda bisa, daur ulanglah kertas koran dan kaleng-kaleng bekas dengan terlebih dahulu memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Selanjutnya sampah organik dapat dijadikan kompos.
  8. Belilah barang-barang daur ulang. Dengan cara ini Anda telah ikut membantu mengurangi polusi dari pabrik-pabrik.
  9. Biasakanlah untuk tidak membakar sampah di pekarangan rumah.


D I K A N T O R
  1. Peralatan elektronik kantor walau dalam keadaan “idle atau stand-by” tetap dialiri energi listrik. Oleh karena itu, biasakan mencabut kabel Laptop / mematikan komputer saat istirahat.
  2. Belilah produk-produk elektronik, mulai dari komputer, mesin foto copy, printer, AC, sampai lampu yang belabel “Hemat energi”. Dengan cara ini, kantor Anda ikut meredam laju kenaikan konsentrasi GRK.
  3. Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat energi, doronglah para karyawan untuk menggunakan transportasi umum atau kendaraan hemat energi, seperti sepeda atau menerapkan satu mobil lebih dari 2 penumpang atau cara-cara inovatif lainnya.
  4. Menggunakan kertas sehemat mungkin dengan memanfaatkan kertas bekas dan kedua halamannya bolak-balik.


D I S E K O L A H
  1. Hidupkan Sains melalui permainan / games yang dapat membantu murid-murid dan para orang tua dan para guru memahami mengenai perubahan iklim dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi laju emisi GRK.
  2. Untuk para pelajar SMU dapat membuat riset mengenai hubungan antara kegiatan mereka setiap hari di sekolah dengan emisi GRK dan perubahan iklim.
  3. Guru-guru sebaiknya aktif memberikan penyuluhan kepada murid-murid mengenai perubahan iklim dan ekosistem, melalui alat-alat bantu yang tersedia.
  4. Untuk kegiatan yang berhubungan dengan kertas, biasakan menggunakan dua sisi kertas.
  5. Ajaklah murid-murid untuk menanam pohon, mendaur ulang kertas-kertas bekas, koran bekas, kaleng-kaleng minuman, dan lain-lain.


#Dalam rangka memperingati Hari Bumi se-Dunia 22 April

Penanaman 1300 bibit pohon di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan Jabar yang diselenggarakan oleh Garland Community
Latest
Next Post

post written by:

Klub Pecinta Lingkungan dan Penggiat Olahraga Alam Bebas

4 comments:

  1. wahh.. mantab nian. Ayo hemat energi.. selamatkan bumi tercinta dari pemanasan global.. (rock)

    ReplyDelete
  2. wah yang nulis sudah melaksanakan belum tuh hehehehe

    ReplyDelete
  3. @iLLa: makasih tante iLLa motivasinya :D

    @soewoeng: sedikit demi sedikit dan bertahap insya allah om :)

    ReplyDelete
  4. SMAYAMTALA.....CAYOOOOO!!!!!!
    SEMANGAT BUAT LP3D!!!!!!!!!!!!!!

    BY: BATAK

    ReplyDelete